0
 Batu mentas Belitung


Batu Mentas yang berada di kaki gunung tajam, memiliki potensi yang luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata terpadu. Keindahan alam baik sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat, keunikan flora dan fauna, kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nenas dan ladanya, ditambah dengan keunikan seni budaya tradisionalnya serta keahlian masyarakatnya membuat kerajinan anyaman serta rotan, merupakan potensi yang jika dikelola dengan baik akan memberikan dampak positif yang luar biasa baik untuk lingkungan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Batu Mentas hanya berjarak 20 menit waktu tempuh dari kota Tanjungpandan.

Pada Maret 2012 lalu telah dilakukan Soft Launching oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung bersama GEF (Global Environment Program) untuk “Sanctuary Tarsius dan Wisata Alam Batu Mentas.” Dalam perjalanannya, berbagai aktifitas pengayaan terus dilakukan untuk menuju sebuah cita-cita besar yaitu menjadikan Batu Mentas sebagai “Wild Life Sanctuary.” Wild life sanctuary merupakan taman suaka bukan hanya untuk Tarsius Bancanus saltator, namun juga berbagai flora dan fauna yang sudah terancam punah dan langka seperti Pelanduk, Burung Siaw, Tupai Kelaras, serta tanaman hutan seperti Nibong Palay, Simpor Laki, Pelawan, Rukam, Sisilan, dll. Harapan ini merupakan dorongan peningkatan sosial dan ekonomi masyarakat khususnya yang berada disekitar lokasi Batu Mentas dan umumnya untuk menambah variasi dan kualitas desitinasi wisata Belitung. Berbagai fasilitas yang ada di Batu Mentas sekarang ini yaitu Outbond Area, Penangkaran Tarsius Bancanus Saltator, Pemandian alam yang natural, wisata Tubing, Jungle Treking, Restoran dengan konsep makan “bedulang” dan Penginapan Safari Tend dan Tree House.

Indo safari tent merupakan salah satu penginapan yang ada di Batu Mentas. Rumah tenda ini langsung menghadap ke sungai, dengan pemandangan sekelilingnya adalah hutan hujan tropis. Fasilitas yang ada di rumah inipun tidak kalah apik dengan hotel berbintang. Bedanya adalah semua perabotan yang ada didesain dengan konsep back to nature. Bagi anda yang ingin mencari ketenangan, rumah tenda menjadi pilihan yang baik untuk menginap ketika anda pergi ke Belitung. Dan ada satu tambahan lagi, jika anda beruntung, anda dapat melihat monyet maupun tupai liar yang singgah di pohon di depan rumah tenda.


price: 850.000 Rp per night (special price if you stay more nights) 
Rumah pohon, didesain sama dengan rumah tenda, berkonsep back to nature. Semua bahan bangunan yang dipakai adalah kayu. Fasilitas yang terdapat di dalamnyapun hampir sama dengan rumah tenda. Meskipun posisi rumah pohon dan rumah tenda saling berdekatan, namun karena dibatasi oleh pepohonan, dan berada di tengah hutan, anda akan tetap merasa tenang, seolah hanya ada anda di penginapan tersebut. Rasakanlah sensasi hidup di hutan secara nyata.


Harga sewa : Rp. 400.000,00/24jam
Usai bermain tubing ataupun sekedar mandi merasakan segarnya air gunung tajam, pastilah perut terasa lapar sesudahnya. Anda tak perlu khawatir jika lupa membawa bekal. Di sini kami menyediakan beberapa menu sederhana namun cukup untuk mengeyangkan perut anda. Penempatan kursi-kursi di tepi sungai, membuat anda terasa makan di cafe terbuka.


Kami juga menyediakan menu “Bedulang”, cara makan khas orang Belitung dengan memesan terlebih dahulu.
Batu Mentas offers many fascinating activities that will make you enjoy your eco-holiday even more
jQuery UI Accordion - No auto height

River Tubing

Tarsius Watching

Junggle Tracking

Outbond Training

Flying Fox

Post a Comment Blogger

 
Top